21 Agustus, 2018

Amanat Pembina Upacara: Tentang Tata Krama

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Segala puji bagi Allah Tuhan  semesta alam. Shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad sallallahu ‘alaihi wasallam.

Yang Saya Hormati Ibu Kepala Sekolah beserta staf
Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru
Dan Yang Saya Sayangi Siswa/Siswi yang berbahagia.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan berusaha menyampaikan amanat pembina upacara tentang Tata Krama.

Tata krama dapat disebut sopan santun, adab, etiket atau etika. Tata krama adalah aturan bersikap. Setiap perbuatan harus sesuai dengan aturan yang telah disepakati bersama. Orang yang memiliki tata krama yang baik akan disenangi atau dihormati. Sebaliknya orang yang tidak memiliki tata krama tidak akan disenangi dan tidak akan dihormati.

Setiap tempat ada tata kramanya. Misalnya di rumah, di sekolah, di rumah ibadah, di restoran, di pasar dan sebagainya. Tata krama makan, berbicara, berpakaian, bergaul, bekerja, berkendara dan sebagainya. Tata krama perlu dilaksanakan untuk kenyamanan dan kelancaran dalam beraktivitas.
Bila berkendara dengan kecepatan tidak sesuai aturan, maka akan membahayakan keselamatan. Bila berbicara kasar terhadap teman atau orang tua, maka akan menimbulkan ketidaknyamanan. Bila bersendawa atau kentut ketika makan, maka akan mengganggu selera makan orang lain. Bila aroma tubuh sangat tajam tentu sangat mengganggu orang lain dan sebagainya.

Orang yang tidak memiliki tata krama akan dijauhi, karena menimbulkan ketidaknyamanan. Sebaliknya orang yang memiliki tata krama akan disenangi oleh teman-temannya. oleh karena itu, agar disenangi maka marilah menjaga tata krama. Yaitu tata krama bermula dari hati tulus dan baik yang dipraktekkan dalam perbuatan sehari-hari.


Demikianlah amanat pembina upacara pada hari ini.
Terimakasih atas perhatiannya.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

  1. Pidato Upacara Bendera: Tentang Etika
  2. Amanat Pembina Upacara: Sopan Santun
  3. Pidato Upacara Bendera: Akhlak Terpuji
  4. Selanjutnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar