30 Agustus, 2018

Amanat pembina upacara: Yang Menghipnotis

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Yang Saya Hormati Ibu Kepala Sekolah beserta staf
Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru
Dan Yang Saya Sayangi Siswa/Siswi yang berbahagia.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan  menyampaikan amanat pembina upacara yang menghipnotis.

Orang yang baik hati, sopan, sabar, tegas, berwibawa, berpenampilan menarik, akan dihormati dan disegani. Orang tersebut memiliki kharisma yang besar. Orang tersebut akan mudah membuat orang lain terpukau, terpesona bahkan terhipnotis.

Pada suatu hari Rasulullah saw sedang istirahat di bawah pohon kurma. Tiba-tiba datanglah seorang Arab baduy menghunus pedang ke leher Rasulullah. Ia berkata, wahai Muhammad, engkau sendirian sekarang. Siapakah yang akan menolong mu? Rasulullah menjawab, “Allah”. Da’tsur kaget mendengar jawaban Rasulullah yang penuh keyakinan. Ia seperti terpesona, terhipnotis, ataupun terpukau. Sehingga pedang yang dihunuskannya ke leher Rasulullah, terjatuh.

Kemudian Rasulullah mengambil pedang tersebut dan menghunuskannya ke leher Da’tsur. Rasulullah bersabda, sekarang siapa yang akan menolongmu? Da’tsur menjawab, tidak ada wahai Rasulullah kecuali jika engkau mau menolongku. Mendengar jawaban Da’tsur,  Rasulullah membebaskannya. Da’tsur terharu dan masuk Islam.
Demikianlah kebaikan hati Rasulullah telah meluluhkan hati Da’tsur. Orang yang baik hati, sopan, sabar, berwibawa, berpenampilan menarik, akan membuat orang lain terpukau, terpesona bahkan terhipnotis. Akhlak Rasulullah adalah contoh teladan bagi umat manusia. Dalam keadaan terdesak sekalipun ia tetap memiliki keyakinan. Ia pasrah dan tawakkal kepada Allah. Padahal jika tidak terdesak, tidak terhalang pohon kurma, tentu beliau bisa melarikan diri. Atau bahkan bisa membela diri.

Demikianlah amanat pembina upacara pada hari ini.
Terimakasih atas perhatiannya.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
  1. Pidato Upacara Bendera: yang Menyentuh
  2. Amanat Pembina Upacara: yang Singkat
  3. Pidato Upacara Bendera: yang Islami
  4. Selanjutnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar