24 Agustus, 2018

Amanat pembina upacara: Tentang Idul Adha

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Yang Saya Hormati Ibu Kepala Sekolah beserta staf
Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru
Dan Yang Saya Sayangi Siswa/Siswi yang berbahagia.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan  menyampaikan amanat pembina upacara tentang Idul Adha

Idul  adha  adalah hari raya qurban. Yaitu memperingati kisah teladan nabi Ibrahim dan nabi Ismail. Kisah tersebut hanya terjadi pada masa rasul. Kisah tersebut tidak terjadi pada masa sekarang. Karena tidak ada rasul pada masa sekarang. Rasul terakhir adalah Muhammad saw.

Nabi Ibrahim tidak punya anak. Lalu ia berdo’a dan bernazar kepada Allah, bila punya anak maka anaknya akan dikurbankan untuk Allah. Akhirnya beberapa tahun kemudian, lahirlah putranya yang bernama Ismail. Ketika Ismail cukup umur, nabi Ibrahim mendapat perintah dari Allah untuk mengurbankan Ismail. Ibrahim meminta pendapat Ismail, ternyata Ismail setuju. Lalu ketika akan dikurbankan, Ismail diganti dengan kambing oleh Allah swt. Sehingga yang dikurbankan adalah kambing.

Demikianlah kisah teladan nabi Ibrahim dan Nabi Ismail, yang taat kepada Allah swt. Mereka rela mengurbankan sesuatu yang sangat berharga demi ketaqwaan kepada Allah swt. Setiap seorang muslim yang mampu, disunnahkan untuk mengurbankan seekor kambing. Sedangkan tujuh orang muslim yang mampu disunnahkan untuk mengurbankan seekor sapi. Dan membagi-bagikan dagingnya untuk orang yang tidak mampu. Disunnahkan juga bagi setiap muslim untuk tidak makan setelah shalat subuh hingga shalat idul adha.

Demikianlah amanat pembina upacara pada hari ini.
Terimakasih atas perhatiannya.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
  1. Pidato Upacara Bendera: Tentang Israk Mi'raj
  2. Amanat Pembina Upacara: yang Islami
  3. Pidato Upacara Bendera: Tahun Baru Islam
  4. Selanjutnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar