23 Agustus, 2018

Amanat pembina upacara: Tentang Rajin Belajar

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Yang Saya Hormati Ibu Kepala Sekolah beserta staf
Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru
Dan Yang Saya Sayangi Siswa/Siswi yang berbahagia.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan berusaha menyampaikan amanat pembina upacara tentang Rajin Belajar

Belajar artinya meningkatkan kemampuan diri atau menambah keterampilan. Kemampuan diri dan keterampilan adalah sarana untuk mengatasi masalah-masalah dalam hidup. Sehingga dapat meraih kehidupan yang berkualitas.  Hanya orang-orang yang berkualitas yang dapat hidup berkualitas.

Di jalanan ada gelandangan dan pengemis yang hina. Hidup mereka hina dan tidak berkualitas. Sebaliknya, di kantor ada pengusaha dan pegawai, di sawah atau kebun ada petani, di laut ada nelayan dan pelaut,  di angkasa ada pilot dan astronot,  dalam mobil atau kereta api ada supir dan masinis, di pasar ada pedagang dan sebagainya. Mereka adalah para pekerja yang berkualitas.

Rajin belajar adalah cara terbaik untuk meningkatkan kualitas diri dan kualitas hidup. Agar rajin belajar, maka bergaullah dengan orang yang rajin belajar. Buatlah jadwal belajar harian dan mingguan. Tingkatkanlah porsi belajar sedikit demi sedikit. Tidur atau istirahatlah yang cukup. Belajarlah pada waktu yang nyaman misalnya waktu subuh. Duduklah yang baik di kursi belajar, jangan sambil tiduran. Pilihlah pakaian yang nyaman.

Pilihlah tempat belajar yang nyaman, bukan tempat yang berisik dan mengganggu. Gunakanlah alat bantu visual, audio dan kinestetik. Alat bantu visual seperti gambar, tabel, bagan. Alat bantu audio misalnya rekaman pelajaran atau ceramah. Alat bantu kinestetik misalnya gerakan tangan dan sebagainya. Buatlah ringkasan pelajaran. Dan ingatlah bahwa belajar sedikit demi sedikit lebih baik dari pada sistem kebut semalam.

Demikianlah amanat pembina upacara pada hari ini.
Terimakasih atas perhatiannya.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
  1. Pidato Upacara Bendera: Semangat Belajar
  2. Amanat Pembina Upacara: Tentang Motivasi Belajar
  3. Pidato Upacara Bendera: Menuntut Ilmu adalah Ibadah
  4. Selanjutnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar