26 Agustus, 2018

Amanat pembina upacara: Gemar Membaca dan Menulis

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Yang Saya Hormati Ibu Kepala Sekolah beserta staf
Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru
Dan Yang Saya Sayangi Siswa/Siswi yang berbahagia.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan  menyampaikan amanat pembina upacara tentang Gemar membaca dan menulis

Membaca adalah melihat dan memahami  isi tulisan dengan melafalkannya atau hanya dalam hati. Menulis adalah menuangkan isi pikiran dalam huruf, angka dan simbol-simbol. Bisa membaca belum tentu terampil menulis. Terampil menulis pastilah karena banyak membaca. Keterampilan menulis, tercipta karena banyak membaca. Oleh karena itu perbanyaklah membaca agar terampil menulis. 
Membaca adalah investasi yang sangat berharga. Pengalaman seseorang selama bertahun-tahun, dapat ditulis dalam sebuah buku, yang dapat dibaca dalam satu jam.  Membaca kisah sukses seseorang, dapat memotivasi pembaca agar sukses juga. Bahkan bisa lebih sukses. Rajin membaca bisa menghindarkan seseorang dari kisah klasik “keledai jatuh ke lubang yang sama, berkali-kali”.

Rajin membaca dapat membuat pintar, berwawasan luas, kreatif dan produktif. Di jalanan ada  gelandangan dan pengemis.  Mereka adalah orang-orang yang tidak kreatif dan tidak produktif. Rajin membaca dapat membuat nasib lebih beruntung dari mereka. Dengan banyak membaca, maka pikiran akan penuh dengan ide-ide kreatif dan produktif. Sehingga  akan termotivasi untuk menulis. Sehingga terciptalah keterampilan menulis.

Agar gemar membaca, mulailah dengan membaca cerita pendek, bacaan-bacaan yang ringan. Lalu secara bertahap dapat ditingkatkan dengan bacaan yang lebih berat. Agar gemar menulis, mulailah dengan menulis hal-hal yang ringan seperti jurnal harian. Walaupun cuma satu paragraf perhari. Lalu secara bertahap dapat ditingkatkan dengan tulisan yang lebih berat.

Demikianlah amanat pembina upacara pada hari ini.
Terimakasih atas perhatiannya.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
  1. Pidato Upacara Bendera: Hobi Untuk Kesuksesan
  2. Amanat Pembina Upacara: Bijak Menggunakan Media Sosial
  3. Pidato Upacara Bendera: Tentang Tata Krama
  4. Selanjutnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar