03 September, 2018

Amanat pembina upacara: Generasi Anti Korupsi


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Yang Saya Hormati Ibu Kepala Sekolah beserta staf
Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru
Dan Yang Saya Sayangi Siswa/Siswi yang berbahagia.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan  menyampaikan amanat pembina upacara tentang Generasi Anti Korupsi.

Korupsi adalah perusak yang sangat dahsyat. Korupsi adalah tindakan mengambil yang bukan hak miliknya. Korupsi terjadi karena keserakahan. Korupsi terjadi karena ketidakjujuran. Korupsi terjadi karena malu hidup sederhana. Korupsi terjadi karena ingin nikmat dunia dengan jalan pintas yang penuh kecurangan. Korupsi terjadi karena ada kesempatan.

Oleh karena itu sejak dini, para siswa harus dididik agar terbiasa hidup jujur, qanaah, sederhana, tekun, sabar dan disiplin. Hidup sederhana dari hasil kerja yang jujur, lebih terhormat dari pada hidup mewah dari korupsi. Nilai rapor yang rendah tapi hasil belajar yang jujur, lebih baik dari pada nilai rapor tinggi tapi hasil nyontek. Sejatinya, prestasi diraih karena kesungguhan dan kejujuran.


Rasulullah saw adalah pribadi yang jujur dan sederhana. Sejak kecil beliau bekerja mengembala kambing. Karena jujur, maka beliau dipercaya dan memperoleh hasil yang besar. Kemudian sejak remaja hingga dewasa beliau berdagang. Karena jujur maka beliau memperoleh untung yang besar. Beliau menjadi kaya. Karena kaya, maka ketika menikah dengan Khadijah, beliau membayar mas kawin sebesar satu setengah kilogram emas atau setara dengan Rp.800 juta. Walaupun kaya, beliau tetap hidup sederhana. Pakaian sederhana, rumah dan isinya yang sederhana.

Dengan meneladani kisah Rasulullah, marilah kita hidup jujur dan sederhana. Jangan suka meminta-minta. Tapi hiduplah dari hasil keringat sendiri.  Hasil usaha yang terhormat dan jujur.  Mari berbangga hati dengan menjadi generasi anti korupsi.

Demikianlah amanat pembina upacara pada hari ini.
Terimakasih atas perhatiannya.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
  1. Pidato Upacara Bendera: Tentang Kejujuran
  2. Amanat Pembina Upacara: Akhlak Terpuji
  3. Pidato Upacara Bendera: Tentang Etika
  4. Selanjutnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar