01 September, 2018

Amanat pembina upacara: Hari Guru

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Yang Saya Hormati Ibu Kepala Sekolah beserta staf
Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru
Dan Yang Saya Sayangi Siswa/Siswi yang berbahagia.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan  menyampaikan amanat pembina upacara tentang Hari Guru.

Guru adalah pendidik yang bertujuan agar peserta didik dapat memiliki  ilmu pengetahuan, sikap dan keterampilan. Guru adalah orang yang berjasa, karena selalu membagikan ilmu dan pengalamannya kepada peserta didik. Keberhasilan seseorang sangat bergantung kepada ilmu dan pengalamannya masing-masing.

Organisasi guru sudah ada sejak lama. Sejarah mencatat bahwa, Persatuan Guru Hindia Belanda berdiri tahun 1912. Lalu tahun 1932 berganti nama menjadi Persatuan Guru Indonesia. Pada saat itu para guru sudah memproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Akhirnya proklamasi kemerdekaan Indonesia secara nasional, benar-benar terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945. Kemudian pada tanggal 24-25 November 1945, Persatuan Guru Indonesia  berganti nama menjadi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Maka setiap tanggal 25 November ditetapkan sebagai hari guru nasional.
Guru adalah pendidik yang mencerdaskan bangsa. Guru adalah benteng idealisme bangsa. Guru adalah sosok yang selalu digugu. Yaitu ucapannya selalu dianggap benar oleh siswa. Guru juga sosok yang ditiru. Yaitu selalu dijadikan teladan oleh siswa. Tapi, tugas guru pada zaman globalisasi ini, semakin berat. Karena pengaruh guru mulai terkikis sedikit demi sedikit oleh media televisi, media sosial dan internet. Oleh karena itu,  mari kita dukung tugas guru demi mencerdaskan bangsa dengan menyeleksi  tayangan televisi, media sosial dan internet.

Kepada para siswa dan pihak terkait, hendaknya menyeleksi  tayangan televisi, media sosial dan internet yang ramah anak. Karena apa yang ditonton dapat dijadikan tuntunan.

Demikianlah amanat pembina upacara pada hari ini.
Terimakasih atas perhatiannya.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
  1. Pidato Upacara Bendera: Hari Pramuka
  2. Amanat Pembina Upacara: Hari Ibu
  3. Pidato Upacara Bendera: Hari Pramuka
  4. Selanjutnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar