08 September, 2018

Amanat pembina upacara: Menumbuhkan Toleransi

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Yang Saya Hormati Ibu Kepala Sekolah beserta staf
Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru
Dan Yang Saya Sayangi Siswa/Siswi yang berbahagia.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan  menyampaikan amanat pembina upacara tentang menumbuhkan toleransi.

Toleransi adalah saling memaklumi perbedaan, saling menghormati dan saling menghargai. Manusia adalah pribadi yang unik. Masing-masing memiliki perbedaan. Minat yang berbeda, hobi yang berbeda, suku, agama, ras, golongan dan sebagainya. Perbedaan tersebut dapat menjadi potensi untuk perpecahan. Tapi dengan saling memaklumi perbedaan, saling menghormati dan saling menghargai, maka perbedaan tersebut dapat menjadi aset bangsa yang berharga.

Semen, pasir, air dan batu adalah material yang berbeda. Tapi material yang berbeda tersebut merupakan bahan-bahan untuk membangun sebuah bangunan. Tidak mungkin membangun sebuah bangunan hanya dengan semen saja. Atau dengan pasir saja. Atapun hanya dengan air dan batu saja. Tapi material yang berbeda tersebut saling melengkapi satu sama lain.

Toleransi merupakan perekat persatuan. Toleransi sangat dibutuhkan. Tapi toleransi juga ada batasnya. Kriminalitas dan pelanggaran hukum tidak perlu toleransi. Tindakan tegas perlu dilakukan terhadap pelaku kriminalitas dan pelanggaran hukum. Bila tidak diambil tindakan tegas, maka kriminalitas tersebut akan menjadikan Anda atau siapapun sebagai korban berikutnya.
Menjaga keamanan dan kenyamanan rumah ibadah penganut agama lain saat mereka melakukan ibadah adalah salah satu bentuk toleransi. Tapi bukan berarti harus ikut ibadahnya. Ikut ibadah agama lain bukan bentuk toleransi, tapi adalah mencampuradukkan agama. Karena toleransi itu ada batasnya.

Menjaga  toleransi berarti juga menjaga perdamaian. Menumbuhkan toleransi sejak dini sangat perlu dilakukan. Misalnya tidak menghina teman, apalagi memfitnahnya. Sebaliknya perbanyaklah memujinya apalagi jika teman tersebut melakukan tindakan yang baik. Suka menolong teman yang sedang kesusahan juga dapat menumbuhkan toleransi. Bersikap sabar juga baik untuk toleransi.

Demikianlah amanat pembina upacara pada hari ini.
Terimakasih atas perhatiannya.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
  1. Pidato Upacara Bendera: Persatuan dan Kesatuan
  2. Amanat Pembina Upacara: Generasi Muda Penerus Bangsa
  3. Pidato Upacara Bendera: Generasi Muda Berkarakter
  4. Selanjutnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar