20 September, 2018

Amanat pembina upacara: Tentang Teknologi

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Yang saya hormati Bapak Kepala Sekolah
Yang saya hormati Bapak dan Ibu Guru
Yang saya sayangi para siswa-siswi.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan  menyampaikan amanat pembina upacara tentang Teknologi.

Teknologi berasal dari kata teknik dan logi. Teknik berarti cara atau metode sedangkan logi berarti ilmu atau pengetahuan. Bila digabungkan maka teknologi bisa berarti ilmu pengetahuan tentang cara melakukan sesuatu, cara mengatasi sesuatu dengan alat atau sarana. Alat atau sarana tersebut bermula dari yang sangat sederhana hingga berevolusi menjadi sangat kompleks. Misalnya alat hitung sempoa berevolusi menjadi kalkulator hingga berlanjut menjadi komputer.

Teknologi sangat diperlukan dalam kehidupan manusia. misalnya teknologi transportasi baik darat, laut maupun udara. Pada zaman dahulu sarana transportasi hanya menggunakan kuda atau unta, maka zaman sekarang dapat menggunakan mobil, kereta api, kapal laut dan pesawat terbang. Yang jauh lebih cepat dibandingkan kuda dan unta.
Pada zaman dahulu alat untuk membela diri berupa batu, tombak atau anak panah. Tapi pada zaman sekarang bisa menggunakan pistol, granat, rudal, nuklir, drone dan sebagainya. Pada zaman dahulu alat untuk berkomunikasi menggunakan kentongan, asap dan burung merpati. Tapi pada zaman sekarang dapat menggunakan telepon, faksimil, video call, dan lain-lain.

Teknologi terus berkembang, meliputi seluruh aspek kehidupan. aspek kesehatan, pangan, sandang, papan, transportasi, kesehatan, pendidikan, ekonomi dan lain-lain. Teknologi memiliki banyak manfaat tapi juga memliki aspek negatif. Untuk menangkal aspek negatif tersebut, maka setiap orang perlu belajar etika atau akhlak yang mulia. Sehingga dapat menahan diri dari hal-hal yang negatif.

Demikianlah amanat pembina upacara pada hari ini.
Terimakasih atas perhatiannya.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
  1. Pidato Upacara Bendera: Generasi Muda Berkarakter
  2. Amanat Pembina Upacara: Disiplin Dimulai dari Diri Sendiri
  3. Pidato Upacara Bendera: Persatuan dan Kesatuan
  4. Selanjutnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar