01 Oktober, 2018

Pidato Singkat Tentang Kesehatan Lingkungan Sekolah


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Pada kesempatan ini, saya akan  menyampaikan pidato singkat tentang Kesehatan Lingkungan Sekolah.

Kesehatan lingkungan sekolah berperan penting terhadap kesehatan warga sekolah. Kuman penyakit sangat mudah untuk masuk ke tubuh manusia. Lingkungan sekolah yang tidak sehat dapat membuat warganya terjangkit penyakit. Lingkungan sekolah yang tidak sehat dapat membuat kegiatan belajar mengajar terganggu. Sehingga kualitas belajar mengajar menjadi menurun.  Hal ini berdampak  pada prestasi belajar yang juga menurun.

Kesehatan lingkungan sekolah mencakup seluruh hal yang berhubungan langsung dengan warga sekolah. Seperti; ruang belajar, kantin, toilet, bebas serangga atau hewan berbahaya, keamanan, serta prilaku warga sekolah.
Ruang belajar adalah ruang kelas yaitu ruangan utama tempat siswa belajar dari pagi hingga siang. Atau bahkan sepanjang hari. Ruang belajar harus bersih, nyaman dan tidak terlalu sempit. Memiliki pencahayaan yang cukup, udara yang bersih, tidak berbau yang mengganggu, dan tidak berisik.

Kebutuhan manusia yang sangat mendesak adalah tempat buang air atau toilet. Toilet yang bersih dan nyaman sangat mendesak untuk dimiliki oleh sekolah. Agar lingkungan sekolah menjadi lebih sehat maka sekolah juga harus memiliki saluran air limbah yang terpelihara dengan baik.

Kantin sekolah harus bersih dan sehat. Agar setiap orang yang berbelanja di kantin sekolah menjadi sehat juga. Tong sampah harus diperbanyak di seluruh lingkungan sekolah, agar sampah tidak berceceran. Kemudian secara teratur sampah tersebut dibuang ke tempat sampah untuk diolah atau dimusnahkan.

Lingkungan sekolah harus bebas dari hewan berbahaya seperti tikus, ular dan lain-lain. Atau pun serangga berbahaya seperti nyamuk, kecoa dan sebagainya. Setiap warga sekolah harus menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekolah misalnya membuang sampah pada tempatnya, rajin mencuci tangan, rajin menjalankan piket kebersihan kelas dan sebagainya.

Demikianlah pidato singkat tentang kesehatan lingkungan sekolah ini.
Terimakasih atas perhatiannya.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
  1. Pidato Singkat: Tentang Kesehatan Lingkungan
  2. Pidato Singkat Tentang Kesehatan Gigi
  3. Pidato Singkat: Tentang Kesehatan Remaja
  4. Selanjutnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar