23 September, 2018

Pidato Singkat Tentang Kesehatan Remaja

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Pada kesempatan ini, saya akan  menyampaikan pidato singkat tentang Kesehatan Remaja.

Remaja adalah usia SMP hingga SLTA. Masa remaja adalah masa peralihan. Yaitu masa berlangsungnya proses perubahan fisik dari anak-anak menjadi dewasa. Proses peralihan atau perubahan ini umumnya disebut pubertas. Masa pubertas sangat rawan dan labil. Apa yang dialami pada masa ini, akan mudah membekas hingga dewasa.

Kesehatan remaja juga rawan terhadap gangguan-gangguan. Usia remaja adalah usia dimana mereka sangat suka bereksplorasi. Misalnya mencoba merokok, mencoba berpacaran dan sebagainya. Bila kehidupan usia remaja dapat dilalui dengan baik, maka kemungkinan besar kehidupan usia selanjutnya juga dapat dilalui dengan baik juga.
Perhatian yang tinggi dari orang tua dan guru terhadap remaja harus benar-benar serius dilakukan. Jangan biarkan remaja keluar rumah pada malam hari. Kecuali ada urusan yang mendesak. Banyak peristiwa buruk yang menimpa remaja berawal dari keluar rumah pada malam hari. Gangguan kesehatan pada remaja umumnya disebabkan oleh kecelakaan lalu lintas, aborsi, narkoba, bullying, tindakan kekerasan, depresi hingga bunuh diri.

Kecelakaan lalu lintas dapat dicegah dengan mematuhi peraturan lalu lintas. Aborsi, narkoba, bullying, dan kekerasan dapat dicegah dengan menghindari pergaulan bebas, walaupun bergaul dengan orang baik-baik, pengawasan juga harus tetap dilakukan. Depresi dan bunuh diri dapat dicegah dengan membina komunikasi yang baik dengan orang tua, guru, dan teman serta berkonsultasi dengan psikolog.

Demikianlah pidato singkat tentang kesehatan remaja ini.
Terimakasih atas perhatiannya.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
  1. Pidato Singkat: Tentang Kesehatan
  2. Pidato Singkat: Tentang Kesehatan Mata
  3. Pidato Singkat: Tentang Kesehatan Gigi
  4. Selanjutnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar