23 September, 2018

Pidato Singkat Tentang Kesehatan Gigi

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Pada kesempatan ini, saya akan  menyampaikan pidato singkat tentang Kesehatan Gigi.

Gigi adalah salah satu alat pencernaan. Fungsinya untuk memotong dan mengunyah makanan. Makanan yang sudah dikunyah oleh gigi akan ditelan ke dalam perut untuk dicerna dan diserap oleh tubuh. Bila gigi mengandung kuman penyakit, maka makanan yang dikunyah juga akan mengandung kuman penyakit dan masuk ke perut lalu diserap oleh tubuh. Mulut dan gigi adalah pintu masuk ke dalam tubuh.

Menjaga kesehatan gigi sangat penting untuk dilakukan. Kesehatan gigi berkaitan dengan kesehatan tulang dan jantung bahkan organ lainnya. Gigi yang tidak sehat dapat mempengaruhi organ lainnya. Untuk menjaga kesehatan gigi, maka diperlukan minimal dua kali menggosok gigi. Yaitu sebelum tidur dan setelah bangun tidur. Menyikat gigi juga dianjurkan setelah mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis. Karena gula dapat merusak gigi.
Bila sisa makanan tidak dibersihkan. Maka sisa makanan tersebut akan menjadi tempat koloni kuman. Kuman tersebut berkembang biak menjadi karang gigi. Yang menyebabkan gigi berlubang dan gusi berdarah. Bila tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut maka dapat menyebabkan; sakit gigi, gigi keropos, bau mulut, gigi goyang, gigi kuning, gigi linu, karang gigi, gusi berdarah, sariawan dan lain-lain.

Untuk menjaga kesehatan gigi sangat dianjurkan untuk memeriksakannya ke dokter gigi enam bulan sekali. Mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi seperti ikan, susu, sayur-sayuran, buah-buahan. Menghindari makanan yang manis-manis dan asam seperti permen dan asam jawa. Membersihkan gigi dan karang gigi secara rutin.

Demikianlah pidato singkat tentang kesehatan gigi ini.
Terimakasih atas perhatiannya.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
  1. Pidato Singkat: Tentang Kesehatan
  2. Pidato Singkat: Tentang Kesehatan Mata
  3. Pidato Singkat: Tentang Kesehatan Remaja
  4. Selanjutnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar