21 September, 2018

Pidato Singkat Tentang Kesehatan Mata

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Pada kesempatan ini, saya akan  menyampaikan pidato singkat tentang Kesehatan Mata.

Mata adalah salah satu panca indra. Mata adalah penghubung antara alam pikiran dan alam nyata. Keindahan alam beserta isinya, dapat dinikmati dengan mata. Mata sangat menunjang produktifitas seseorang. Ada banyak manusia yang matanya tidak sehat, bahkan mengalami kebutaan. Sehingga produktifitasnya berkurang. Agar mata selalu sehat, maka perlu dijaga kesehatannya.

Beberapa cara menjaga kesehatan mata yaitu, pertama; mengkonsumsi nutrisi untuk mata, kedua; melakukan kebiasaan yang baik untuk mata, ketiga; meninggalkan kebiasaan yang buruk untuk mata. Keempat; istirahat yang cukup.

Yang pertama; mengkonsumsi nutrisi untuk mata. Mata membutuhkan nutrisi yang cukup agar dapat selalu sehat dan berfungsi secara normal. Nutrisi penting untuk mata adalah vitamin A, dan asam lemak omega 3. Makanan yang banyak mengandung vitamin A adalah wortel, tomat, bayam, pepaya, alpukat dan telur. Sedangkan makanan yang banyak mengandung asam lemak omega 3 adalah ikan.

Yang kedua; melakukan kebiasaan yang baik untuk mata. Misalnya memakai kaca mata agar mata tidak terkena debu atau sinar matahari. Rajin olah raga dan rutin memeriksakan mata ke dokter.

Yang ketiga; meninggalkan kebiasaan yang buruk untuk mata. Kebiasaan yang buruk untuk mata adalah, membaca sambil tiduran, membaca dengan pencahayaan yang berlebih atau kurang, menonton televisi terlalu dekat, terlalu lama menatap layar komputer atau gadget, mengucek-ngucek mata terlalu keras, dan terlalu lama fokus tanpa berkedip.

Yang keempat; istirahat yang cukup. Orang dewasa harus tidur selama enam jam sampai delapan jam sehari. Ketika tidur, matikan lampu agar mata dapat istirahat dengan sempurna. Terlalu lama fokus ke layar televisi, komputer atau gadget dapat membuat mata lelah dan kering oleh karena itu, setiap dua puluh menit, istirahatkan mata selama dua puluh detik dengan cara mengedipkan atau mengalihkan fokus mata.

Demikianlah pidato singkat tentang kesehatan mata ini.
Terimakasih atas perhatiannya.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
  1. Pidato Singkat: Tentang Kesehatan
  2. Pidato Singkat: Tentang Kesehatan Remaja
  3. Pidato Singkat: Tentang Kesehatan Gigi
  4. Selanjutnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar